Rabu, 01 Desember 2010

hidup...dan memaknai hidup

terkadang hidup itu tak selamanya lurus-lurus saja. saya banyak belajar dari sharing yang saya lakukan dengan orang2. ternyata sharing itu menyenangkan...dan menambah wawasan. baik wawasan baik ataupun wawasan buruk. salah satu nya yang saya pelajari dari calon kakak ipar saya (semoga, amin)
dia laki-laki dan sosok yang amat sangat keras dalam hidupnya. mengejar cita-cita dengan luar biasa usaha dan menjadikan dirinya menjadi pribadi yang kompetitif.
belajar dari apa yang dia katakan ke saya, tentang hubungan, tentang perasaan, tentang beberapa sisi kehidupannya membuat saya belajar dan menyaring apa-apa saja yang juga harus saya terapan dalam kehidupan saya. karena tidak semua nasehat itu baik, pandai-pandainya kita dalam menyikapi nasehat tersebut.
bahwa hidup tidak berjalan lurus-lurus saja. bahwa hidup adalah pembelajaran...
belajar untuk menjadi manusia yang lebih baik. rasullulloh mengatakan bahwa, hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan esok harus lebih baik dari hari ini. jika hari esok tidak lebih baik dari hari ini, maka dia adalah termasuk orang yang celaka, jika hari esok sama saja dengan hari ini, maka dia adalah orang yang merugi. saat ini saya juga mulai menerapkan kata-kata itu. hidup penuh liku-liku....seperti nyanyian dangdut kemaren sora. dan ternyata memang benar. hidup penuh liku-liku...ada lubang dimana-mana...baik itu lubangh besar maupun lubang kecil. kita harus hati-hati.
berjalan setapak demi setapak...berjalan dengan pelan-pelan...namun tetap pasti melangkah. ketika menemukan cara untuk melanhgkah lebih cepat tanpa harus terperosok ke dalam lubang,. pastikan untuk melakukan dengan cepat. dan itulah pembelajaran. seperti itu kehidupan. misalnya saja...ketika kita menentukan masa depan (kuliah), pasti ketika mau masuk kuliah, adaaaaaaaaaaaaa....saja halangan nya. harus lulus SPMB, nem nya harus mencukupi, harus tes sana sini, harus bla...bla...bla...dan itu amat rumit dan membingingkan. namun itulah contoh liku-liku hidup. terkadang harus membayar pungutan ini itu, pungutan liar itu dan itulah lubang-lubang yang memang harus kita hindari.
dalam menentukan masa depan kehidupan juga harus tegas. hidup adalah pilihan...terkadanga pilihan tak hanya satu, dua...namun buanyaaaaaaakkk sekali. dan Alloh swt slalu menawarkan win-win solution, ketika sudah putus asa dengan apa yang akan kita tentukan...maka...mintalah kepadaNya. yakinlah...bahwa apa yang Dia pilihkan adalah yang terbaik...
dan hidup adalah keikhlasan. keikhlasan untuk menjalani hidup, keikhlasan untuk menentukan pilihan, keikhlasan untuk menerima keputusan, keikhlasan untuk menerima apa yang tidak kita inginkan.ya...ikhlas adalah kunci utama sukses dalam menjalani hidup...ikhlas namun tetap tawakal.
semoga sharing kali ini bisa membantu. semangatlah untuk kalian yang masih bingung atau putus asa...ini juga termasuk semangat dan motivasi bagi saya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar